PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS VLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 GADINGREJO TA 2021/2022

DEWI PRATIWI, 1813033012 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS VLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 GADINGREJO TA 2021/2022. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (350Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIRPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1468Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIRPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1182Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Suatu proses pendidikan terarah menuju peningkatan penguasaan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, pengembangan sikap dan nilai-nilai dalam membentuk dan mengembangkan potensi peserta didik. Keberhasilan belajar dilihat dari hasil belajar yang dapat diukur dari sikap, nilai dan keaktifan siswa. Proses belajar dengan penerapan media audio visual berbasis Vlog kepada peserta didik, berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar, memperjelas serta mempermudah konsep yang abstrak. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan metode analisis jalur (Path Analysis) dengan desain Quasi- Esperimental Design dalam bentuk Control Group Design yang membuat dua kelompok eksperimen yang tidak dipilih melalui random. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan jumlah anggota sampel sebanyak 35 orang siswa. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh parsial antara variabel audio visual berbasis Vlog terhadap motivasi belajar dengan ditujukan nilai thitung > ttabel atau 2.035 > 1.692 dan nilai signifikansi 0.002 < 0.05 maka �0 ditolak dan �1 diterima. Ada pengaruh parsial antara variabel audio visual berbasis Vlog terhadap hasil belajar dengan ditujukan nilai thitung > ttabel atau 4.256 > 1.692 dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 maka �0 ditolak dan �1 diterima. Ada pengaruh parsial antara variabel motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan ditujukan nilai thitung > ttabel atau 2.126 > 1.692 dan nilai signifikansi sebesar 0.041< 0.05 maka �0 ditolak dan �1 diterima. Ada pengaruh simultan antara variabel audio visual berbasis Vlog terhadap hasi belajar melalui motivasi belajar dengan ditujukan nilai Fhitung > Ftabel atau 14.610 > 3.28 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, oleh karena itu maka dapat dinyatakan bahwa �0 ditolak dan �1 diterima. Kata Kunci : Audio Visual Berbasis Vlog, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. An educational process directed towards increasing mastery of knowledge, abilities, skills, development of attitudes and values in shaping and developing the potential of students. The success of learning is seen from the learning outcomes that can be measured from the attitudes, values and activities of students. The learning process by applying Vlog-based audio-visual media to students has an effect on increasing learning motivation, clarifying and facilitating abstract concepts. This research is an experimental study using the Path Analysis method with a Quasi-Esperimental Design in the form of a Control Group Design which makes two experimental groups that are not selected randomly. The sample in this study used a saturated sample with a total sample of 35 students. The results of this study are that there is a partial effect between Vlog-based audio-visual variables on learning motivation with the intended value of tcount > ttable or 2,035 > 1,692 and a significance value of 0.002 < 0.05 then H_0 is rejected and H_1 is accepted. There is a partial effect between Vlog-based audio-visual variables on learning outcomes with the intended value of tcount > ttable or 4.256 > 1.692 and a significance value of 0.000 < 0.05 then H_0 is rejected and H_1 is accepted. There is a partial effect between learning motivation variables on learning outcomes with the intended value of tcount > ttable or 2.126 > 1.692 and a significance value of 0.041 < 0.05, then H_0 is rejected and H_1 is accepted. There is a simultaneous effect between Vlog-based audio-visual variables on learning outcomes through learning motivation with the intended value of Fcount > Ftable or 14.610 > 3.28 and a significance value of 0.000 < 0.05, therefore it can be stated that H_0 is rejected and H_1 is accepted. Keyword : Vlog-Based Audio Visual, Motivation to Learn, Learning Outcomes.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2203753724 . Digilib
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:08
Terakhir diubah: 04 Apr 2022 03:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57940

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir