PENGARUH VERTICAL GARDEN TERHADAP SUHU RUANGAN (Aplikasi Penelitian Lembar Kerja Peserta Didik Materi Pemanasan Global pada Kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung)

Widyawati Puji Lestari, 1314024083 (2019) PENGARUH VERTICAL GARDEN TERHADAP SUHU RUANGAN (Aplikasi Penelitian Lembar Kerja Peserta Didik Materi Pemanasan Global pada Kelas VII SMP Negeri 8 Bandar Lampung). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2295Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2098Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh atau tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan vertical garden terhadap suhu udara pada salah satu ruang kelas dan mengetahui karakteristik Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) SMP kelas VII aplikasi penggunaan vertical garden pada materi pemanasan global. Penelitian merujuk kepada pengembangan LKPD. Adapun model pengembangan yang digunakan yaitu Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Bandar Lampung pada bulan Agustus- September 2018. Alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tanaman singonium (Syngonium podophyllum), tanaman miana merah (Coleus atropurpureus), dan tanaman paku pedang (Nephrolepis exaltata), tanah dan pupuk kompos, thermometer dinding, 4 in 1 environtment tester,dan rangka vertical garden. Ruangan yang digunakan untuk pengukuran penelitian ini adalah dinding ruangan laboratorium IPA sisi barat. Rangka vertical garden yang iii digunakan berukuran 2×2 meter. Vertical garden dipasang pada tanggal 1 Agustus 2018. Pengukuran suhu udara dilakukan 24-26 Agustus 2018. Lama waktu pengukuran yaitu 13 jam terhitung dari pukul 06.00 WIB – 18.00 WIB dengan interval pengambilan data setiap satu jam sekali. Lama waktu yang dibutuhkan untuk satu kali pengambilan data adalah ± 10 menit. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data pengukuran suhu udara pada ruang vertical garden dan non vertical garden. Uji penelitian ini dianalisis secara statistik dengan uji Independent sample t-test pada taraf nyata 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas menggunakan Levene’s Test of Equality of Error Variances sedangkan uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov Smirnov Test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan vertical garden terhadap suhu udara ruangan ada pengaruh signifikan sebesar 0,000, sedangkan untuk karakteristik Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) oleh validator dosen diperoleh rata-rata skor keidealan berdasarkan keseluruhan aspek yaitu 85.45% dengan kategori “Sangat Baik” dan validator guru di peroleh rata-rata skor keidealan berdasarkan keseluruhan aspek yaitu sebesar 77% dengan kategori “Baik”. Kata Kunci : vertical garden, suhu udara, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:56
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 04:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57942

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir