EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Bintang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

AGNIS PINASTI, 1513021048 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Bintang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1431Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1432Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pem- belajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masa- lah matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Tanjung Bintang semester genap tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes uraian pada materi perbandingan. Analisis data penelitian ini menggu- nakan uji mann-withney u dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing tidak lebih dari siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, namun proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing mencapai lebih dari 60% dari jumlah siswa. Kata kunci: efektivitas, inkuiri terbimbing, pemecahan masalah matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:14
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57958

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir