PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Al Azhar 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2019/2020)

Amaturrahman Nurul Fahmi, 1313021006 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Al Azhar 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2019/2020). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (780Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (728Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran discovery terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al Azhar 3 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 251 siswa yang terdistribusi dalam tujuh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B sebanyak 31 siswa dan VIII-C sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dengan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran discovery lebih tinggi dari peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran discovery berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: komunikasi matematis, pembelajaran discovery, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 06 Apr 2022 07:16
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57961

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir