PEMBELAJARAN TARI KREASI MELALUI METODE IMITASI PADA SISWA KELAS VIII C SMP LB PKK SUKARAME

Arini Sofia, 0813043006 (2013) PEMBELAJARAN TARI KREASI MELALUI METODE IMITASI PADA SISWA KELAS VIII C SMP LB PKK SUKARAME. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (348Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (290Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III Hasil.pdf

Download (329Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (582Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran tari kreasi melalui metode imitasi di SMP LB PKK Sukarame 2012-2013. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan metode imitasi dalam pembelajaran tari kreasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan kegiatan guru dalam merencanakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan kegiatan awal apersepsi, kegiatan inti dan kegiatan akhir, serta penerapan metode imitasi yang digunakan dalam proses pembelajaran dan evaluasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII C. Untuk mendapatkan data dalam penelitian digunakan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan guru pada proses pembelajaran dengan metode imatasi dikategorikan baik sekali, dapat diketahui kemampuan guru dalam merancang RPP memeroleh skor total 97 tergolong baik sekali karena guru sudah menerapkan RPP pada saat proses belajar, pada aktivitas guru memperoleh skor 76,25 tergolong baik. Pembelajaran tiga ragam gerak tari di SMP LB PKK SUKARAME tahun pelajaran 2012/2013 dapat diketahui hasil belajar siswa pada setiap aspek, aspek yang pertama yaitu gerak melenggang dengan skor 40 (50,0%) mendapat kriteria cukup karena siswa banyak melakukan kesalahan gerak antara tangan dan kaki tidak sesuai ketika siswa melangkahkan kaki kanan siswa tersebut menggerakkan tangan kanan yang seharusnya bergerak adalah tangan kiri, aspek kedua gerak khenui melayang dengan skor 62 (70,75%) mendapat kriteria baik karena siswa dapat melakukan gerakan dengan benar sesuai dengan diajarkan oleh guru, aspek ketiga gerak ukel dengan skor 30 (37,5%) mendapat kriteria cukup karena siswa melakukan kesalahan dan mengalami kesulitan dalam melakukan gerak mengukel, gerakan kaki harusnya ketika tangan kanan yang mengukel yang diikuti gerakan kaki ke arah kanan, tetapi siswa melakukan gerakan yang berlawanan. ABSTRACT The problem in this research was how creation dance learning by imitation method in Junior High School LB PKK at Sukarame 2012-2013. Based on that problem, the researcher describes learning process by using imitation method in creation dance learning. Method used descriptive qualitative method. Data sources were all teachers and students class VIII C. to get data in this research, the researcher done observation, and interview and library study. Research result showed dance learning by imitation method based on qualitative data analyses on practice observation sheet could be known that capability in learning three kinds of dance movement in Junior High School LB PKK at Sukarame on 2012/2013 belong to enough criteria. It can be known that student on aspect 1 melenggang with total score 40 (50,00%) belong to enough criteria because students do not motioned between hand and foot with right, if left hand motion to be must foot right moving. Aspect 2 khenui melayang got total score 62 (70,75%) belong to good criteria because student following with great hand and foot, aspect 3 ukel got total score 30 (37,5%) belong to enough category student difficulted because moving foot and motion hand with together. It can concluded that practice test from 3 kinds melenggang, khenui melayang, and ukel by indicator enough to show that movement according to role and good accounting that can be seen from student capability average. It can concludes studendts (50,75 %) enough criteria we can see in scala 3.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 17 Dec 2014 02:21
Terakhir diubah: 17 Dec 2014 02:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5798

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir