PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK

ALMAIDAH BALQIST, 1413024003 (2019) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK. FKIP , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3480Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan model Discovery Learning dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest- posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dengan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIG dan VIIH yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan nilai peserta didik. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data keterampilan kolaborasi diperoleh melalui observasi keterampilan kolaborasi sedangkan data keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh dari skor pretest dan posttest. Data keterampilan kolaborasi dianalisis secara deskriptif dan keterampilan berpikir tingkat tinggi dianalisis dengan uji Independent Sample t- Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan kolaborasi kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dan indikator paling PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK iii tinggi pada keterampilan kolaborasi adalah kemampuan kerjasama dengan kriteria sangat baik. Keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas ekperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar (0,343 0,138) sedangkan pada kelas kontrol sebesar (0,200 0,117) kedua kelas tersebut menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik secara signifikan. Kata kunci : discovery Learning, keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan kolaborasi,

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:35
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57996

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir