PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBANTUAN SCHOOLOGY UNTUK MENILAI HASIL BELAJAR PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

NI LUH PUTU SUWARTIKA EKA PUTRI, 1513022028 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBANTUAN SCHOOLOGY UNTUK MENILAI HASIL BELAJAR PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2402Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2262Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penilaian yang dilakukan guru saat ini masih secara offline, sehingga siswa belum terlatih untuk mengerjakan ujian secara online, sementara itu dapat kita ketahui bahwa saat ini ujian Nasional dilakukan dengan menggunakan komputer atau secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Instrumen Penilaian dengan Berbantuan Schoology pada Materi Hukum Newton tentang Gerak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Desain penelitian yang digunakan pada pengembangan ini mengacu pada Lee dan Owens dengan tahapan yang terdiri dari analyze, design, development, implementation, evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, angket uji validitas, angket uji keterbacaan, dan angket persepsi siswa mengenai penggunaan schoology. instrumen penilaian yang dikembangkan memiliki validitas sangat tinggi. Hal tersebut dapat diketahui melalui data hasil rata-rata skor pada uji ahli materi sebesar 0,90, uji ahli konstruk sebesar 0,94, serta uji ahli bahasa sebesar 0,91 dengan kriteria validitas sangat tinggi. Ni Luh Putu Suwartika Eka Putri Berdasarkan uji keterbacaan diperoleh skor rata-rata sebesar 0,90 dengan kategori sangat baik. Instrumen penilaian yang dikembangkan sudah dapat digunakan untuk menilai hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui melalui hasil uji coba kelompok kecil yang menghasilkan uji kepraktisan instrumen penilaian yang dikembangkan sudah praktis, sesuai dan jelas. Hal tersebut dapat dilihat dari skor pada aspek kejelasan butir soal sebesar 0,85 dengan kriteria sangat baik. Aspek penggunaan kata-kata yang sesuai mendapatkan skor sebesar 0,90 dengan kriteria sangat baik. Aspek kejelasan penggunaan (simbol, angka, huuruf, gambar, serta grafik) mendapatkan skor sebesar 0,90 dengan kriteria sangat baik. Aspek penggunaan istilah-istilah fisika mendapatkan skor sebesar 0,70 dengan kriteria baik. Aspek penggunaan bahasa yang baik dan benar mendapatkan skor sebesar 0,85 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan uji keefektivan, instrumen penilaian yang dikembangkan efektif untuk digunakan sebagai sarana ujian secara online. Hal tersebut dapat dilihat dari persepsi siswa yang sekitar 80% setuju dengan penggunaan schoology sebagai media untuk melakukan ujian secaea online. Simpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan Instrumen Penilaian yang valid, praktis, dan evektif untuk menilai hasil belajar siswa dengan berbantuan schoology. Kata kunci : Hasil belajar, Instrumen penilaian, Motivasi Belajar, Penggunaan schoology

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 700 Seni, seni rupa, kesenian > 790 Olahraga, permainan dan hiburan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:48
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58089

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir