PENGARUH PENGGUNAAN TRACKER PADA PEMBELAJARAN GERAK HARMONIK SEDERHANA BERBASIS INKUIRI TERBIMBINGTERHADAPKETERAMPILAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA

VINKA RAFLESIANA, 1413022070 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN TRACKER PADA PEMBELAJARAN GERAK HARMONIK SEDERHANA BERBASIS INKUIRI TERBIMBINGTERHADAPKETERAMPILAN INTERPRETASI GRAFIK SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2565Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2110Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Aplikasi tracker dalam pembelajaran gerak harmonis dapat membantu dalam melakukan pelacakan gerak benda pada suatu waktu yang lebih presisi dan akurat, membantu siswa mendapatkan track benda sehingga berdasarkan track tersebut siswa dapat dibimbing untuk menemukan konsep atau persamaan gerak benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan tracker pada pembelajaran gerak harmonik sederhana berbasis inkuiri terbimbing terhadap keterampilan interpretasi grafik siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Pembelajaran dilakukan dengan melakukan kegiatan praktikum gerak harmonik sederhana berbasis inkuiri terbimbing, kemudian mengolah data percobaan dengan menganalisis video percobaan menggunakan aplikasi tracker. Data keterampilan interpretasi grafik siswa diperoleh dari proses pembelajaran berupa pretest dan posttest. Teknik analisis menggunakan Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil Vinka Raflesiana iii penelitian diperoleh skor rata-rata keterampilan menginterpretasi grafik mengalami kenaikan sebesar 58,64% pada taraf kepercayaan 95% dengan rata- rata N-Gain kategori sedang (0,68). Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan tracker dapat meningkatkan keterampilan interpretasi grafik dengan baik dengan nilai signifikasi sebesar 0,00. Kata kunci: gerak harmonik sederhana, inkuiri terbimbing, keterampilan interpretasi grafik, tracker.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 11 Apr 2022 09:40
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 09:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58094

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir