PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

HAZA KURNIA DINANTIKA, 1513022059 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2005Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2058Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kreativitas siswa pada materi energi terbarukan: Turbin Angin Axis Horizontal dan Kincir Air. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII IPA SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, dengan sampel kelas XII sebagai kelas eksperimen dan XII sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Data penelitian diambil dari nilai tes akhir sebanyak 10 butir soal dan hasilnya diuji menggunakan Independent Sample T-Test dan Uji Effect Size. Hasil penelitian diketahui bahwa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata nilai kreativitas sebesar 42% dengan kategori kurang kreatif, sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memiliki rata-rata nilai kreativitas sebesar 72% dengan kategori kreatif. Hasil uji Effect Size diperoleh nilai cohen’s d Haza Kurnia Dinantika iii sebesar 3,40 dan nilai effect size r sebesar 0,86 dengan kategori besar, artinya model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh sangat baik dalam meningkatkan kreativitas siswa. Berdasarkan uji hipotesis terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kreativitas siswa pada materi energi terbarukan. Kata kunci: Project Based Learning, Kreativitas Siswa, Energi Terbarukan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:50
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58103

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir