Perbandingan Penggunaan Model Creative Problem solving (CPS) dengan Means Ends Analysis (MEA) terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar pada Materi Pokok Sistem Imunitas

Eli Komariah, 1013024032 (2014) Perbandingan Penggunaan Model Creative Problem solving (CPS) dengan Means Ends Analysis (MEA) terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar pada Materi Pokok Sistem Imunitas. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (248Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (327Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan penggunaan model pembelajaran CPS dengan MEA dalam meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar pada ranah kognitif siswa. Desains penelitian adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa presentase sikap ilmiah siswa yang diperoleh dari hasil observasi yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan uji-t dan uji U. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran CPS dan MEA keduanya dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa. Rata-rata sikap ilmiah siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas CPS maupun kelas MEA sama-sama berkriteria baik, yaitu pada kelas CPS adalah 84,90%, dan pada kelas MEA adalah 82,38%. Kemudian, peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa pada kelas MEA lebih tinggi dibandingkan pada kelas CPS dengan rata-rata N-gain pada kelas MEA yaitu 53,00 ± 13,70, sedangkan rata-rata N-gain pada kelas CPS yaitu 46,26 ± 15,40. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif C4 dengan rata-rata N-gain indikator C4 pada kelas MEA sebesar 63,37± 18,61. Dengan demikian, model CPS maupun MEA dapat digunakan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa. Sedangkan penerapan model MEA lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa secara signifikan dibandingkan dengan model CPS. Kata kunci : Sikap Ilmiah, Hasil belajar, Model CPS, Model MEA, Sistem Imunitas

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 3924797 . Digilib
Date Deposited: 17 Dec 2014 03:39
Terakhir diubah: 17 Dec 2014 03:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5812

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir