Destya Norrahmah, 1013024075 (2014) Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Lingkungan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (385Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok lingkungan. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik dengan uji normalitas data, uji U dan uji t. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa, tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran PBL yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase peningkatan aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 75,91; kontrol = 57,92). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBL dan terlibat dalam proses pembelajaran PBL. Penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain yang berkriteria tinggi (74,10%). Peningkatan hasil belajar terjadi pada semua indikator aspek kognitif (C2 dan C4) dengan rata-rata N-gain berkriteria tinggi (79,17%) untuk indikator kognitif C2; dan indikator kognitif C4 berkriteria sedang (69,02%). Peningkatan ini terjadi karena siswa telah dilatih untuk memahami wacana dan gambar yang ada pada LKS, dengan begitu siswa dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, sehingga siswa memiliki data yang cukup untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada tiap LKS yang diberikan setiap pertemuan. Dengan demikian penggunaan model PBL pada materi pokok Lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Lingkungan, dan Model PBL
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 685482 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Dec 2014 03:52 |
Terakhir diubah: | 17 Dec 2014 03:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5814 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |