PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO BERBASIS STEM DALAM PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI

ICA HERTATI PUTRI, 1513022040 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO BERBASIS STEM DALAM PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (718Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (652Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemampuan siswa dalam memahami konsep fisika masih lemah, sehingga perlu menggunakan sumber belajar yang mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video berbasis STEM dalam pembelajan Flipped Classroom terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA pada materi dinamika rotasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumijajar. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai nilai signifikansi kurang dari 0,05. Hal ini berarti bahwa penggunaan video berbasis STEM dalam pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 1,4 yang berarti bahwa video berbasis STEM dalam pembelajaran flipped classroom berpengaruh besar dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Ica Hertati Putri video berbasis STEM dalam pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata kunci: dinamika rotasi, pemahaman konsep, video berbasis STEM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:56
Terakhir diubah: 12 Apr 2022 07:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58147

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir