PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

KINTANISA DINANTI PUTRI, 1513022057 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1755Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1751Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan menggunakan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa pada materi energi terbarukan. Materi pada penelitian ini meliputi energi: konvensional, terbarukan, tenaga matahari, tenaga angin, dan tenaga air. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII MIPA4 yang menjadi kelas eksperimen dan XII MIPA5 menjadi kelas kontrol di SMA Negeri 3 Kotabumi menggunakan Pretest- Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi Terbarukan, dengan skor T-Test rata-rata nilai sig yang diperoleh adalah 0,000 dimana nilai sig lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak. Hasil uji effect size yang diperoleh dari perhitungan cohen’s d sebesar 2,34 dan hasil nilai effect size r Kintanisa Dinanti Putri iii diperoleh sebesar 0,76 hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berpengaruh cukup tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: model pembelajaran kontekstual, hasil belajar, energi terbarukan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:45
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 02:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58160

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir