PENGARUH LKPD DENGAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLIYING, COORPERATING, TRANSFERING (REACT) PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

MALA PRATIWI, 1513022050 (2019) PENGARUH LKPD DENGAN STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLIYING, COORPERATING, TRANSFERING (REACT) PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1101Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1133Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran saat ini harus menggunakan konsep abad 21 yang mengutamakan peserta didik lebih mengembangkan Higher Order Thingking Skills (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi khususnya berpikir kreatif. Pada kenyataannya LKPD maupun sekolah yang akan diteliti belum menggunakan langkah-langkah strategi REACT dan belum mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi khususnya berpikir kreatif. Pada pembelajaran dibutuhkan inovasi dalam penggunaan metode pembelajaran sehingga kemampuan berpikir kreatif peserta didik dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD dengan strategi REACT pada materi energi terbarukan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan peningkatan iii Mala Pratiwi kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penggunaan LKPD dengan strategi REACT pada materi energi terbarukan. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Bandar Lampung, pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, dengan desain penelitian eksperimen non equivalent control grup design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LKPD berstrategi REACT berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,000. Kelas yang menggunakan LKPD berstrategi REACT menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif lebih tinggi daripada kelas yang hanya menggunakan LKPD konvensional. N-gain kelas yang menggunakan LKPD berstrategi REACT 0,7 sedangkan kelas yang menggunakan LKPD konvensional sebesar 0,5. Cohen’s d effect size yang didapatkan dikategorikan sangat besar yaitu 1,5 sehinggga efektivitas pembelajaran menggunakan LKPD berstrategi REACT tinggi. Kata kunci: LKPD, REACT, berpikir kreatif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:43
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 02:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58179

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir