PENGARUH PEMANFAATAN MOBILE INSTANT MESSAGING TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON

RIKA DWI KURNIATI, 1513022061 (2019) PENGARUH PEMANFAATAN MOBILE INSTANT MESSAGING TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2141Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2509Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan mobile instant messaging (MIM) WhatsApp terhadap self efficacy dan kemampuan kognitif siswa pada materi Hukum Newton. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan subyek siswa SMAN 9 Bandar Lampung kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah masing-masing 30 siswa pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t- test untuk uji parametrik dan Mann-Withney U-test untuk uji non parametrik. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata post-test self efficacy pada kelas eksperimen 80,1 sedangkan pada kelas kontrol 67,06. Rata-rata postest kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen 81,33 dan pada kelas kontrol 73,66. Perbedaan kedua kelas baik pada self efficacy dan kemampuan kognitif sangat signifikan dimana nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa self efficacy dan kemampuan kognitif siswa yang memperoleh pembelajaran berbantuan MIM WhatsApp lebih baik dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan WhatsApp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:48
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 02:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58192

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir