PENGEMBANGAN INSTRUMENT PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENGUKUR PROBLEM SOLVING SKILL PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI SISWA SMA

ALDA NOVITA SARI, 1513022033 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMENT PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENGUKUR PROBLEM SOLVING SKILL PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1502Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1392Kb) | Preview

Abstrak

Assessment hasil belajar siswa menggunakan perangkat instrument performance belum sepenuhnya diterapkan, bahkan ada yang belum sama sekali. Pentingnya menilai siswa untuk mengetahui perkembangan kemampuan belajar dalam memecahkan masalah, tetapi masih banyak kendala yang dihadapi pendidik untuk membuat perangkat penilaian tersebut. Kondisi ini pula yang terjadi pada SMAN 5, SMAN 15, dan SMAN 16 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang valid serta mengetahui kelayakan konstruksi, substansi, dan bahasa pada instrument performance assessment untuk mengukur problem solving skill pada pembelajaran fisika berbasis inkuiri siswa SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Sugiyono (2018: 409), yaitu (1) potensi dan masalah, yaitu terdapat 92% nilai fisika yang baik tetapi penilaian semua aspek masih tergolong belum merata, yaitu 53% afektif, Alda Novita Sari 17% psikomotor, 30% subjektif. (2) pengumpulan data diperoleh bahwa 100% guru dan 93% siswa menyatakan perlu dikembangkan instrument. (3) desain produk oleh peneliti, yaitu analisis konten, penyusunan kisi-kisi, skenario pembelajaran, tugas performance, skala instrument, rubrik, dan pedoman penskoran., (4) validasi desain dosen dan guru terkait uji konstruksi, substansi, dan bahasa. (5) revisi desain dari keempat validator bahwa produk perlu penyempurnaan agar layak digunakan. Produk instrument performance assessment telah valid dikarenakan validator ahli menerima instrumen baik secara isi maupun formatnya antara lain kisi-kisi instrument, skenario pembelajaran, rubrik, dan pedoman penskoran sudah tidak ada perbaikan kembali. Skor total validator mengenai aspek konstruksi dengan skor 3,59, aspek substansi dengan skor 3,56, dan aspek bahasa dengan skor 3,58. Hasil uji validasi tersebut memiliki kriteria kualitas sangat layak, produk instrument performance assessment untuk mengukur problem solving skill pada pembelajaran fisika berbasis inkuiri siswa SMA dapat digunakan. Kata kunci: inkuiri, instrument performance assessment, pembelajaran fisika, problem solving skill.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 16 Apr 2022 02:05
Terakhir diubah: 16 Apr 2022 02:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58209

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir