PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

AYU NOVITASARI PANE, 1513022065 (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2582Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2583Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran POE terhadap keterampilan proses sains siswa SMA pada materi Hukum Newton tentang gerak. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Bandarlampung, dengan sampel kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Hasil penelitian diketahui bahwa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,42, sedangkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran POE memiliki rata-rata N-gain 0,72. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POE terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Hukum Newton. Besarnya pengaruh model pembelajarn POE termasuk kedalam kategori tinggi dengan nilai cohen’s d sebesar 3,40 dan dan effect size r sebesar 0,71. Kata kunci: predict observe explain, keterampilan proses sains.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 18 Apr 2022 07:44
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58217

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir