PENGARUH PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS BERBASIS TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 JATIMULYO

AKDA FADILLAH, 1513053054 (2022) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS BERBASIS TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 JATIMULYO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2147Kb)
[img] FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1922Kb)

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah hasi belajar IPS pada pembelajaran tematik peserta didik di SDN 1 Jatimulyo masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) perbandingan hasil belajar IPS berbasis tematik yang menggunakan strategi giving question and getting answer dengan menggunakan pembelajaran konvensional, dan 2) untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran dengan strategi giving question and getting answer terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Jatimulyo. Sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas VA dan VC SDN 1 Jatimulyo. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis hipotesis dinyatakan bahwa 1) Ada perbedaan hasil belajar IPS berbasis tematik yang mengggunakan strategi giving question and getting answer dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan 2) ada pengaruh penerapan strategi giving question and getting answer terhadap hasil belajar IPS pada pembelajaran tematik. Kata Kunci: giving question and getting answer, tematik dan hasil belajar IPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2203118284 . Digilib
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:54
Terakhir diubah: 05 Apr 2022 05:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58261

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir