Umy Faridha, 1013053098 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV A SD N 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. COVER LUAR.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTO.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf Download (218Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
14. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
15. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (151Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (370Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (646Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran tematik di kelas IV A SD N 7 Metro Pusat belum berlangsung seperti yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa dengan nilai ketuntasan ≥ 66 terdapat 14 siswa (54%) dari 26 siswa yang sudah mencapai ketuntasan untuk sikap sosial, 17 siswa (65%) untuk pengetahuan, dan 13 siswa (50%) untuk keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa berupa sikap sosial, keterampilan berbicara, dan pengetahuan siswa dengan menerapkan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari ketuntasan sikap sosial siswa meningkat dari 51,92% (Cukup) pada siklus I menjadi 61,54% (Cukup) pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 80,77% (Sangat Baik). Ketuntasan pengetahuan siswa meningkat dari 51,92% (Cukup) pada siklus I menjadi 65,38% (Cukup) pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 78,85% (Baik). Sedangkan ketuntasan keterampilan berbicara siswa meningkat dari 53,85% (Cukup) pada siklus I menjadi 67,31% (Baik) pada siklus II dan pada siklus III meningkat menjadi 76,92% (Baik). Kata kunci: hasil belajar siswa, pembelajaran tematik, value clarification technique (VCT).
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 9820881 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Dec 2014 07:12 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2014 07:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5843 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |