PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 11 METRO PUSAT

Diah Ajeng Wijayaningrum, 1653053003 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 11 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT) - Diah Ajeng W.pdf

Download (343Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI DIAH AJENG W FULL - Diah Ajeng W.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3462Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI DIAH AJENG TANPA BAB PEMBAHASAN - Diah Ajeng W.pdf

Download (2773Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan non- equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 orang peserta didik dan menggunakan sampel jenuh yang berjumlah 46 orang pesrta didik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro pusat, dengan thitung > ttabel yaitu 4,963 > 2,021 (dengan α = 0,05) dan terdapat peningkatan kemampuan dalam hasil belajar matematika peserta didik sebesar 0,55 dengan kriteria “Sedang”. Kata kunci : group investigation, hasil belajar, matematika The problem of this study way the low mathematics learning outcomes of students in grade V SD Negeri 11Center Metro. The purpose of this study was to determine the positive and significant effect on the application of the group investigation cooperative learning model to the learning outcomes of mathematics. The type of research my experimental. The design of this study used a non-equivalent control group design. The population in this study amounted to 46 students and using a saturated sample of 46 students. The results showed that there was a positive and significant influence on the cooperative learning model of the group investigation type on the mathematics learning outcomes of students in class V of state elementary school 11 center metro, with tcount> ttable which was 4.963> 2.021 (with α = 0.05) and there was an increase in students' mathematics learning outcomes by 0 , 55 with the criteria of "Medium". Keyword: group investigation, learning outcomes, mathematics

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Digilib6
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:53
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58524

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir