PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA KELAS X MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

I PUTU YOGI SETIA PERMANA, 1613022013 (2020) PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL PADA SISWA KELAS X MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK - I Putu Yogi S P.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL - I Putu Yogi S P.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2469Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran PBL pada siswa kelas X materi Hukum Newton tentang gerak. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel kelas X IPA 5 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 6 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann Withney U Test dan uji Effect size. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menggunakan uji Mann Withney U Test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh pendekatan STEM terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas X materi Hukum Newton tentang gerak. Rata-rata N-gain (g) keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,73 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,56 dengan kategori yang sedang. Berdasarkan hasil uji T-test, keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Demikian juga hasil uji keefektifan menggunakan Effect size menunjukkan nilai (d) sebesar 1,49 dengan kategori besar. Hal ini menunjukan bahwa pendekatan STEM menggunakan model pembelajaran PBL sangat efektif dan berdampak besar terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis. Pendekatan STEM dengan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Hukum Newton Tentang Gerak, Keterampilan Berpikir Kritis, Pendekatan STEM, Problem Based Learning (PBL).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Digilib6
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:58
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 06:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58545

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir