DEWI MEIKASARI, 1613023023 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA. FKIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK - Dewi Meikasari.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL - Dewi Meikasari.pdf Restricted to Hanya staf Download (2410Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Dewi Meikasari.pdf Download (1832Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keteram- pilan komunikasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMAN 1 Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching-Only Pretests-Postest Control Group Design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain keterampilan komunikasi berkategori tinggi di kelas eksperimen dan berkategori sedang di kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan terima H1 yaitu rata-rata n-gain keterampilan komunikasi yang diterapkan model pembelajaran guided discovery lebih tinggi daripada rata-rata n-gain keterampilan komunikasi dengan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan n-gain keterampilan komunikasi yang signifikan antara kelas eksperi- men dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery efektif dalam meningkatkan kete- rampilan komunikasi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: model pembelajaran guided discovery, kesetimbangan kimia, keterampilan komunikasi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Digilib2 |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 10:58 |
Terakhir diubah: | 06 Apr 2022 10:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58568 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |