EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA

DEWI MEIKASARI, 1613023023 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK - Dewi Meikasari.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL - Dewi Meikasari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2410Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Dewi Meikasari.pdf

Download (1832Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keteram- pilan komunikasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMAN 1 Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching-Only Pretests-Postest Control Group Design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-gain keterampilan komunikasi berkategori tinggi di kelas eksperimen dan berkategori sedang di kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan terima H1 yaitu rata-rata n-gain keterampilan komunikasi yang diterapkan model pembelajaran guided discovery lebih tinggi daripada rata-rata n-gain keterampilan komunikasi dengan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan n-gain keterampilan komunikasi yang signifikan antara kelas eksperi- men dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided discovery efektif dalam meningkatkan kete- rampilan komunikasi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: model pembelajaran guided discovery, kesetimbangan kimia, keterampilan komunikasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Digilib2
Date Deposited: 06 Apr 2022 10:58
Terakhir diubah: 06 Apr 2022 10:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58568

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir