HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2018/2019

DWI GESTI JAYANTI, 1513033069 (2019) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2961Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2074Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mengembangkan segala kemampuan potensi yang dimiliki oleh seorang individu. Untuk tercapainya hasil belajar sejarah dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu faktornya adalah kemandirian belajar pada siswa. Dalam hal ini, kemandirian belajar memerankan peranan penting dalam proses belajar yang berpengaruh kuat terhadap hasil belajar sejarah siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Pringsewu Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Pringsewu Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah quasy exsperiment design. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, dan dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kulitatif dengan metode quasy exsperiment design serta menggunakan teknik analisis data dengan rumus Korelasi Spearman dan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar r hitung (0,872) > r tabel (0,423) yang berarti ada hubungan yang positif kemandirian belajar dengan hasil belajar. Selanjutnya korelasi t hitung (7,964) > t tabel (2,085) yang berarti hubungan positif kemandirian belajar dan hasil belajar adalah signifikan. Berdasarkan dua hasil perhitungan statistik tersebut maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada hubungan positif dan signifikan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Pringsewu Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci : Hubungan, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 902 Aneka ragam sejarah
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:11
Terakhir diubah: 20 Apr 2022 03:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58585

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir