PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP RESPONSIBILITY PESERTA DIDIK AKAN KEBERADAAN HERITAGE TNBBS

NIKEN, 1713024016 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN SIKAP RESPONSIBILITY PESERTA DIDIK AKAN KEBERADAAN HERITAGE TNBBS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_NIKEN(1713024016).pdf

Download (143Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_NIKEN(1713024016)-1-84.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_NIKEN(1713024016).pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar kognitif dan sikap responsibility peserta didik akan keberadaan heritage TNBBS dengan materi pokok ekosistem di SMA Negeri 1 Sukau kelas X Semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukau yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 76. Sampel penelitian ini ada 2 kelas, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri atas 25 peserta didik. Teknik pengambilan data berupa tes pilihan berganda dan angket pernyataan mengenai sikap responsibility peserta didik akan keberadaan heritage TNBBS di lingkungan sekitarnya serta angket tanggapan model pembelajaran group investigation. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen memiliki nilai sebesar 70,08 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 63,32. Sedangkan nilai rata-rata sikap responsibility peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 78,68 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 75,20. Dengan uji normalitas dan homogenitas menunjukkan kedua data hasil belajar kognitif dan sikap responsibility peserta didik berdistribusi normal dan homogen. Analisis data menggunakan uji One Way Annova dengan α= 0,05 menunjukkan signifikansi hasil belajar kognitif sebesar 0,001 dan signifikansi sikap responsibility peserta didik akan keberadaan heritage TNBBS sebesar 0,0031. Oleh karena, nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan 0,0031<0,05 maka tolak H0 yang artinya terima H1. Hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar kognitif dan sikap responsibility peserta didik akan keberadaan heritage TNBBS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2203741014 . Digilib
Date Deposited: 07 Apr 2022 01:43
Terakhir diubah: 07 Apr 2022 01:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58613

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir