Sri Astuti Ratkalih, 1313093114 (2014) Melalui Metode Inquiry Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Karang Anyar Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (1850Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1715Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (1652Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (1484Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (1386Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (252Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB IV.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB V.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (50Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Karang Anyar Jati Agung Lampung Selatan. Hasil belajar dengan Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Sehingga peneliti menggunakan metode inquiry karena diyakini mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dalam pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran inquiry. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, terdiri atas dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui observasi selama tindakan dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA dapat ditingkatkan menggunakan metode inquiry dalam pembelajaran, pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Karang Anyar. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I aktivitas siswa mencapai 68% kategori cukup aktif meningkat menjadi 86,36% kategori sangat aktif atau meningkat sebesar 18,36% pada siklus II. Demikian juga dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 68,18%, pada siklus II meningkat menjadi 86,4%. Sedang kan kinerja guru pada siklus I mencapai 86,7% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pengunaan metode inquiry dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2742525 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Dec 2014 07:16 |
Terakhir diubah: | 19 Dec 2014 07:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5867 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |