Habibie Syafrudin, 1013053056 (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE EXAMPLE NON-EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVB SD NEGERI 01 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1950Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (2274Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (809Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (814Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I .pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1981Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
BAB IV.pdf Download (1981Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV B SD Negeri 01 Metro Pusat tahun pelajaran 2013/2014, yakni 8 siswa (28,57%) tuntas dan 20 siswa (71,42%) belum tuntas dari KKM 66. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe example non example pada pembelajaran tematik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observating), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk aktivitas siswa dan kinerja guru serta tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa siklus I 64,39 (kategori cukup), siklus II 67,63 (kategori aktif), dan siklus III 75,21 (kategori aktif). Ketuntasan hasil belajar siswa terdiri dari tiga aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Nilai rata-rata afektif siswa siklus I 65,5 (kategori cukup), Siklus II 71,53 (kategori baik), dan siklus III 75,5 (kategori baik). Presentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa siklus I 62,49% (kategori cukup), siklus II 83,92% (kategori sangat baik), dan siklus III 94,63% (kategori sangat baik). Nilai rata-rata psikomotor siswa siklus I 66,54 (kategori baik), siklus II 74,51 (kategori baik), dan siklus III 83,92 (kategori sangat baik). Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Example Non Example.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 635947 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Dec 2014 04:24 |
Terakhir diubah: | 22 Dec 2014 04:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5888 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |