PERAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TAPIS TERHADAP PENERIMAAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Kelompok Pengrajin Tapis Mutiara di Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran)

Mareta Karunia Alda, 1814211007 (2022) PERAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TAPIS TERHADAP PENERIMAAN ANGGOTA (Studi Kasus Pada Kelompok Pengrajin Tapis Mutiara di Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (3397Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3392Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3395Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

melakukan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM). Pandemi Covid-19 berlangsung banyak faktor-faktor yang mempengaruhi peran dari kelompok Tapis Mutiara. Faktor-faktor yang menjadi terhambat tersebut menyebabkan peran UMKM Kelompok Tapis Mutiara menjadi ikut terhambat sehingga berpengaruh terhadap perolehan penerimaan anggota. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran UMKM terhadap penerimaan anggota, faktor-faktor yang berhubungan dengan peran UMKM, besar penerimaan anggota dan strategi pengembangan kelompok UMKM Tapis Mutiara. Penelitian ini dilakukan pada kelompok pengrajin Tapis Mutiara Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan pada bulan November-Desember 2021. Responden pada penelitian ini adalah anggota kelompok Tapis Mutiara yang berjumla 33 orang. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut persepsi anggota UMKM berperan dalam penyedia lapangan kerja, mempermudah pendistrbusian hasil kerajinan dan melestarikan kerajinan kain khas Lampung. Faktor-faktor yang berhubungan yaitu faktor internal yang terdiri dari gaya kepemimpinan, iklim kelompok, pola komunikasi dan faktor eksternal terdiri dari pembinaan, akses bantuan bahan baku dan penggunaan teknologi. Berdasarkan hasil pengukuran, penerimaan anggota dikategorikan sedang dengan persentase 42,42 persen. Strategi pengembangan yang diterapkan kelompok Tapis Mutiara adalah Growth Oriented Strategy. Kata kunci: Usaha Mikro Kecil Menengah, Peran UMKM, Penerimaan Anggota

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: 2203665134 . Digilib
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:04
Terakhir diubah: 08 Apr 2022 03:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58896

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir