Dian Permata Sari Hsb, 1213052005 (2019) HUBUNGAN ANTARA PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK DARUL FIKRI KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (345Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3951Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa SMK Darul Fikri Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 239 siswa dan sampel berjumlah 60 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pergaulan teman sebaya dan skala motivasi belajar dan analisis data menggunakan korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar dengan nilai korelasi rhitung = 0,659 > rtabel = 0,254 taraf signifikan p=0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan hasil penelitian adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar pada siswa SMK Darul Fikri Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini berarti makin baik pergaulan siswa dengan teman sebayanya akan makin tinggi pula motivasi belajarnya.Sebaliknya makin tidak baik pergaulan teman sebayanya akan makin rendah motivasi belajar siswa. Kata kunci: bimbingan dan konseling, motivasi belajar ,pergaulan teman sebaya The problem in this study is the learning motivation. The aim of this research was to determine the correlation between peer interaction with students’ learning motivation at SMK Darul Fikri Pugung sub-district Tanggamus regency academic year 2019/2020. This research method is quantitative. The population of this study was 239 students and the sample of 60 students was determined by simple random sampling technique. The data collection technique was use peer interaction scale and learning motivation scale and data analysis was use Product moment correlation. The result of this study show there is positive and significant relationship between peer interaction with learning motivation with the value of rCount = 0.659 >rTable = 0.254 the significant standard of p=0.05 then Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of the result is there is positive and significant relationship between peer interactions with learning motivation of students SMK Darul Fikri Pugung sub-district Tanggamus regency academic year 2019/2020. This means that the better peer interaction student, the higher the learning motivation. Conversely, the poorer peer interaction student, the lower the learning motivation. Keywords: guidance and counseling, learning motivation, peer interaction
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 100 Filsafat dan psikologi 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 00:53 |
Terakhir diubah: | 13 Apr 2022 00:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58941 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |