HUBUNGAN ANTARA PARENT AND PEER ATTACHMENT TERHADAP NILAI UJIAN AKHIR BLOK (UAB) ILMU KEDOKTERAN KOMUNITAS PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Heidy Putri Gumandang , 1418011099 (2019) HUBUNGAN ANTARA PARENT AND PEER ATTACHMENT TERHADAP NILAI UJIAN AKHIR BLOK (UAB) ILMU KEDOKTERAN KOMUNITAS PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. Fakultas Kedokteran , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (INGGRIS _ INDONESIA).pdf

Download (100Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3257Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3254Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Prestasi belajar adalah hasil akhir yang dinanti dalam mempelajari sesuatu dan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya salah satunya lingkungan. Lingkungan keluarga yang terdiri dari keadaan ekonomi, suasana rumah, dan orang tua (parent) disebutkan telah memiliki peranan terhadap prestasi belajar. Ketika seseorang berada dalam lingkungan keluarga ataupun masyarakat pelajar tidak luput dari situasi pergaulan seperti teman sebaya (peer group). Tujuannya yaitu mengetahui hubungan parent and peer attachment terhadap nilai ujian akhir blok Ilmu Kedokteran Komunitas (IKKOM) pada mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode: Penelitian menggunakan desain Cross Sectional Design yang dilakukan pada bulan Oktober 2018. Subjek dalam penelitian ini yaitu 183 mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Hasil penelitian dianalis menggunakan uji fisher dan chi-square. Hasil: Penelitian ini menggunakan 183 responden yang menunjukkan bahwa Tingkat kelekatan terhadap orang tua pada mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung adalah high security yaitu persentase sebesar 93,44% dan tingkat kelekatan terhadap teman sabaya pada mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung adalah high security persentase sebesar 86,34%. Selanjutnya, pada uji bivariat didapatkan nilai p>0,05, yang berarti secara statistik tidak terdapat hubungan bermakna antara parent and peer attachment dan nilai ujian akhir blok (UAB) Ilmu Kedokteran Komunitas angkatan 2015 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Simpulan Tidak ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara parent and peer attachment dan nilai ujian akhir blok (UAB) Ilmu Kedokteran Komunitas angkatan 2015 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata Kunci : kedokteran komunitas, parent, peer attachment Background: Learning achievement is the end of result that is awaited in learning something and there are several factors that influence it, one of it is environment. The family environment consisting of economic conditions, the atmosphere of house, and parents are mentioned have a role in learning achievement. When someone is in a family or community environment, students do not escape from social situations such as peers. The aim is to find out the relationship between parent and peer attachment with the result of Community Medicine (IKKOM) block in Medical Student, Faculty of Medicine, University of Lampung. Methods: The study used a cross sectional design and conducted in October 2018. Subjects were 183 students of batch 2015, Faculty of Medicine, University of Lampung. The results were analyzed using the Fisher and Chi-square test. Results: This study used 183 respondents who showed that the level of attachment to parents of medical student batch 2015 Lampung University was high security, which was a percentage of 93.44% and the level of attachment to friends of medical student batch 2015 Lampung University was high security a percentage of 86.34%. Furthermore, the bivariate test obtained p value> 0.05, which means that statistically there is no significant relationship between parent and peer attachment with the result of Community Medicine (IKKOM) block in Medical Student, Faculty of Medicine, University of Lampung. Conclusion: There was no significant relationship between parent and peer attachment with the result of Community Medicine block in Medical Student of 2015, Faculty of Medicine, University of Lampung. Keywords: community medicine, parent, peer attachment

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:42
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58981

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir