HAMBATAN ORANGTUA DALAM PENDAMPINGAN PROSES PEMBELAJARAN DARING ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Orangtua Siswa SDN 173360 Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara)

Kristin Meliani Manullang, 1716011085 (2022) HAMBATAN ORANGTUA DALAM PENDAMPINGAN PROSES PEMBELAJARAN DARING ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Orangtua Siswa SDN 173360 Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (3485Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3481Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3483Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hambatan Orangtua Dalam Pendampingan Proses Pembelajaran Daring Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Orangtua Siswa Sdn 173360 Baktiraja Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara). Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apa saja hambatan orangtua dalam mendampingi proses pembelajaran daring anak selama pandemi covid-19 (2) bagaimana strategi orangtua untuk mengatasi hambatan hambatan yang dialami dalam proses mendampingi pembelajaran anak secara daring. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan penelitian adalah orangtua siswa SDN 173360 Baktiraja sebanyak 8 informan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) hambatan dalam mendampingi proses pembelajaran daring berasal dari orangtua dan anak. Hambatan yang berasal dari orangtua adalah kesulitan dalam menyediakan fasilitas handphone android, membeli kuota internet, tidak memiliki cukup waktu untuk mendampingi anak belajar daring karena bekerja, hambatan yang berasal dari anak adalah minat belajar berkurang, malas belajar daring, jenuh belajar daring, sulit diatur. (2) strategi untuk dapat tetap mendampingi proses belajar daring anak dengan baik selama pandemi, strategi kedua adalah dengan membuat jadwal rutinitas terstruktur. Kata Kunci : hambatan, pembelajaran daring anak.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2203806851 . Digilib
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:25
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 02:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59063

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir