EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

FITRI SEPTI LUTFIANI WIDODO, 1513023003 (2019) EFEKTIVITAS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1491Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1490Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan metakognisi siswa pada materi elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 1 Natar semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control grup design. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, didapatkan kelas X MIA 7 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing. Data keterampilan metakognisi dianalisis menggunakan software SPSS versi 22.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan metakognisi selama pembelajaran berlangsung berkriteria “tinggi”. Rata-rata nilai n-Gain keterampilan metakognisi pada kelas kontrol sebesar 0,53 yang berkriteria "sedang" dan pada kelas eksperimen sebesar 0,7 yang berkriteria "tinggi". Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa rata-rata n-Gain kelas iii eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata n-Gain kelas kontrol. Model inkuiri terbimbing efektif untuk meningkatkan keterampilan metakognisi dapat dilihat dari nilai n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, serta ukuran pengaruh dihitung menggunakan uji effect size. Hasil uji effect size diperoleh bahwa model inkuiri terbimbing yang digunakan memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan metakognisi siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dan memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan metakognisi, larutan elektrolit dan non elektrolit.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:55
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 07:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59087

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir