EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OBSERVASI DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA

RESKAWATI, 1513023040 (2019) EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OBSERVASI DAN PENGUASAAN KONSEP KESETIMBANGAN KIMIA. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1070Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1077Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas discovery learning untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 15 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control grup design. Pengambilan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, didapatkan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan model discovery learning dan kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data kemampuan observasi dan penguasaan konsep dianalisis menggunakan software SPSS versi 22.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep selama pembelajaran berlangsung berkriteria “tinggi”. Kemampuan observasi dan penguasaan konsep di kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata nilai n-Gain yang diperoleh berkriteria “tinggi” yaitu 0,80 dan kelas kontrol berkriteria “sedang” yaitu 0,61. Reskawati iii Model discovery learning efektif untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep yang dapat dilihat dari nilai n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil uji effect size diperoleh bahwa model discovery learning yang digunakan memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa model discovery learning efektif dan memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep materi kesetimbangan kimia. Kata kunci: discovery learning, kemampuan observasi, kesetimbangan kimia, dan penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:57
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59095

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir