EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH INFORMASI HOAX DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA (TERKAIT BEBERAPA MAKANAN DAN MINUMAN)

EKA NURAHMAWATI, 1513023039 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH INFORMASI HOAX DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA (TERKAIT BEBERAPA MAKANAN DAN MINUMAN). FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2741Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2402Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PBMIH dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretes-postes control group. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Gedongtataan dengan sampel penelitian yaitu: kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model PBMIH dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik dengan uji-t. Hasil dari penelitian ini yaitu: pada uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh nilai thitung sebesar 35,12 sedangkan ttabel sebesar 1,67, yang artinya nilai rata-rata postes keterampilan komunikasi siswa pada kelas yang diterapkan model PBMIH lebih besar dari nilai rata-rata postes keterampilan komunikasi siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Selain itu diperoleh n-gain rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,77 yang artinya berkategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah informasi hoax efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan komunikasi siswa, informasi hoax

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 18 Apr 2022 06:31
Terakhir diubah: 18 Apr 2022 06:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59122

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir