EKA NURAHMAWATI, 1513023039 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH INFORMASI HOAX DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA (TERKAIT BEBERAPA MAKANAN DAN MINUMAN). FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2741Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2402Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PBMIH dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the matching only pretes-postes control group. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Gedongtataan dengan sampel penelitian yaitu: kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model PBMIH dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik dengan uji-t. Hasil dari penelitian ini yaitu: pada uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh nilai thitung sebesar 35,12 sedangkan ttabel sebesar 1,67, yang artinya nilai rata-rata postes keterampilan komunikasi siswa pada kelas yang diterapkan model PBMIH lebih besar dari nilai rata-rata postes keterampilan komunikasi siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Selain itu diperoleh n-gain rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,77 yang artinya berkategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah informasi hoax efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan komunikasi siswa, informasi hoax
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 06:31 |
Terakhir diubah: | 18 Apr 2022 06:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59122 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |