PERBANDINGAN KEADAAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PADA DAERAH PERTAMBANGAN DAN PERTANIAN DI KECAMATAN WAY RATAI KABUPATEN PESAWARAN

LARASATI MAHENDRA PUTRI, 1714131048 (2022) PERBANDINGAN KEADAAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PADA DAERAH PERTAMBANGAN DAN PERTANIAN DI KECAMATAN WAY RATAI KABUPATEN PESAWARAN. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keadaan sosial dan ekonomi masyarakat daerah pertambangan dan pertanian di Way Ratai, Pesawaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survei di Desa Bunut Seberang dan Gunung Rejo, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran pada bulan Mei-Juni 2021. Responden sebanyak 75 orang, 37 orang berasal dari Desa Gunung Rejo dan 38 orang berasal dari Desa Bunut Seberang dengan metode acak sederhana. Keadaan sosial dilihat dari interaksi sosial masyarakat, sedangkan keadaan ekonomi dilihat dari pendapatan rumah tangga dan peluang usaha. Pendapatan rumah tangga diuji beda untuk mengetahui keadaan sebelum dan sesudah adanya tambang. Peluang pekerjaan dan interaksi sosial dianalisis dengan menghitung presentase jawaban responden terhadap pertanyaan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial di Desa Bunut Seberang (pertambangan) tetap terjalin dengan baik, dimana masyarakat membantu satu sama lain atau bekerjasama dalam berbagai hal. Kegiatan gotong royong, pengajian dan arisan tetap berjalan sebagai mana mestinya, namun didaerah ini masyarakat kurang peduli terhadap lahan pertanian dan menelantarkan komoditas yang ditanam dilahan. Selanjutnya, peluang pekerjaan di Desa Bunut Seberang (pertambangan) cukup banyak, khususnya di bidang jasa transportasi/ojek, buruh tambang, pedagang dan pengolahan hasil tambang, tetapi pendapatan rumah tangga desa ini lebih rendah dibandingkan dengan Desa Gunung Rejo (pertanian), karena ketidakpastian hasil yang didapat oleh penambang serta kegiatan usahatani yang tidak dilakukan dengan baik (terlantar). Kata Kunci: keadaan ekonomi, keadaan sosial, interaksi sosial, pendapatan, peluang pekerjaan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: 2203807435 . Digilib
Date Deposited: 11 Apr 2022 06:42
Terakhir diubah: 11 Apr 2022 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59126

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir