EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS

ELIS, 1513023037 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POGIL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3611Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POGIL untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi garam menghidrolisis. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji perbedaan dua ratarata yaitu uji t. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata diperoleh n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa berkategori tinggi di kelas eksperimen dan berkategori sedang di kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yang diterapkan model pembelajaran POGIL lebih tinggi dari pada rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi iii siswa dengan model pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model pembelajaran POGIL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci : pembelajaran POGIL, keterampilan berpikir tingkat tinggi, garam menghidrolisis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:10
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 03:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59182

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir