KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SD NEGERI 2 BATURAJA

Ditisya Atthiyah Wiyana, 1513023076 (2019) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SD NEGERI 2 BATURAJA. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3934Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan peranan kepala sekolah dalam kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri 2 Baturaja. Fokus penelitian ini adalah peranan kepala sekolah sebagai pendidik (educator), pengelola (manager), administrator, dan supervisor. Metode penelititan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, dan pendidik. Teknik analisa data yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian adalah: 1) kepala sekolah sebagai pendidik yaitu membina dan pemberi nasehat kepada pendidik, 2) kepala sekolah sebagai manager yaitu mengelola, melaksanakan dan melakukan kontrol serta evaluasi, 3) kepala sekolah sebagai administrator yaitu mengatur administrasi serta mendokumentasikan kegiatan administrasi sekolah , 4) kepala sekolah sebagai supervisor yaitu membuat program supervisi, melakukan pengawasan kegiatan supervisi dan memanfaatkan hasil supervisi. Kata kunci: kepala sekolah, peranan kepala sekolah The purpose of this study was to describe the implementation of the role of the headmaster leadership at Baturaja Elementary School 2. The focus of this research is the role of the headmaster as an educator, manager, administrator, and supervisor. The research method used is a qualitative approach. The data were collected through interviews, observation, and documentation. The research data sources are headmaster and educators. The analysis techniques are data collection, data reduction, and data presentation. The results of the study are: 1) the headmaster as an educator, fostering and giving advice to educators, 2) the headmaster as a manager, managing, implementing and controlling and evaluating, 3) the headmaster as an administrator, managing administration and documenting school administration activities, 4 ) the headmaster as supervisor, making a supervision program, supervising supervision activities and making use of supervision results. Keywords: headmaster, role of headmaster.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 14 Apr 2022 03:16
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 03:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59195

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir