PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGANYAR

FITRIANI, 1513069013 (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGANYAR. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2284Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1957Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahya aktivitas dan hasil belajar Tematik peserta didik kelas IV SDN 1 Karang Anyar. Hasil belajar dengan Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Sehingga peneliti menggunakan Pendekatan Scientific karena diyakini mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tema 1 dalam pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar Tema 1 melalui Pendekatan Scientific. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, terdiri atas dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui observasi selama tindakan dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar Tema 1 peserta didik kelas IV SDN 1 Karang Anyar dapat ditingkatkan menggunakan Pendekatan Scientific dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar peserta didik pada siklus I mencapai 59,37% kategori cukup aktif meningkat menjadi 90,63% kategori sangat aktif atau meningkat sebesar 31,25% pada siklus II. Demikian juga dengan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus 1 mencapai 68,75%, pada siklus II meningkat menjadi 90,63% atau meningkat sebesar 21,88%. Sedangkan kinerja guru pada siklus I mencapai 80% pada siklus II meningkat menjadi 100% atau meningkat sebesar20,00%. Pengunaan Pendekatan Scientific dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, dan pendekatan scientific

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:44
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 06:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59296

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir