PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULITREPRESENTASI PADA MATERI HUKUM II NEWTON

PUTRI THERESIA SITOPU, 1513022038 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULITREPRESENTASI PADA MATERI HUKUM II NEWTON. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2492Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2493Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Guru harus mampu menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menggunakan sumber belajar serta bahan ajar dengan baik sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan mudah. LKPD merupakan salah satu bahan ajar yang umumnya berisi materi dan soal-soal dan digunakan hanya pada materi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan multirepresentasi pada materi hukum II Newton. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Desain penelitian yang digunakan pada pengembangan ini mengacu pada Lee dan Owens dengan tahapan yang terdiri dari analyze, design, development, implementation, evaluation. Penelitian ini hanya sampai pada tahap development karena ketiga tahap tersebut telah menjawab tujuan dari penelitian. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara, angket uji validitas, serta angket uji keterbacaan. LKPD yang dikembangkan memiliki validitas yang Putri Theresia Sitopu iii sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan rata-rata skor pada uji ahli materi sebesar 0,85 dengan kategori validitas sangat tinggi dan uji ahli desain diperoleh rata-rata skor 0,86 dengan kategori validitas sangat tinggi. Berdasarkan uji keterbacaan diperoleh skor rata-rata sebesar 0,81 dengan kategori validitas sangat tinggi. LKPD yang dikembangkan sudah mampu meningkatkan kemampuan multirepresentasi peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji n-gain sebesar 0,6 dengan kriteria sedang, dan nilai sig. pada uji paired sample t sebesar 0,000. Guru dan peserta didik juga memberikan respon yang baik terhadap LKPD. Simpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang valid untuk meningkatkan kemampuan multirepresentasi peserta didik. Kata kunci : LKPD, inkuiri terbimbing, multirepresentasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 06:55
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 06:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59312

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir