INTAN PUTRI ARBAIN, 1513053050 (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V GUGUS RAYON III TEGINENENG KABUPATEN PESAWARAN. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3846Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2911Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas V Gugus Rayon III Tegineneng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar, (2) pengaruh pemberian punishment terhadap motivasi belajar, (3) pengaruh pemberian reward dan punishment secara bersama-sama terhadap motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian berjumlah 155 peserta didik. Sampel penelitian ditentukan menggunakan proposional random sampling dengan jumlah 122 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan pemberian reward terhadap motivasi belajar ditunjukan dengan korelasi sebesar 3,314 pada kriteria rendah, (2) terdapat pengaruh yang signifikan pemberian punishment terhadap motivasi belajar ditunjukan dengan korelasi sebesar 3,935 pada kriteria rendah, (3) terdapat pengaruh yang signifikan pemberian reward dan punishment secara bersama-sama terhadap motivasi belajar ditunjukan dengan korelasi sebesar 49,61 pada kriteria cukup kuat. Kata kunci : motivasi belajar, punishment, dan reward. The problem of this research was the lack of learning motivation of the fifth grade students in Gugus Rayon III Tegineneng. The purpose of this research is to find out (1) the effect of giving reward on the learning motivation, (2) the effect of giving punishment on the learning motivation,(3) the effect of giving reward and punishment together on the learning motivation. The type of this research is a correlational. This research was conducted by using 155 students and 122 students as the respondent by using proportional random sampling. The research instrument used is questionnaire. The result of this research are (1) there is significant effect of giving reward on the learning motivation, the correlation obtained 3,314 it shows low category, (2) there is significant effect of giving punishment on the learning motivation, the correlation obtained 3,935 it shows low category, (3) there is significant effect of giving reward and punishment together on the learning motivation, the correlation obtained 49,61 it shows quite strong category. Keywords: learning motivation, punishment, and reward.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 13 Apr 2022 07:11 |
Terakhir diubah: | 13 Apr 2022 07:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59336 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |