PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 METRO TIMUR

Jessika Ningrum Cahyani, 1513053012 (2019) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 4 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3174Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3175Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas V SD Negeri 4 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukan peningkatan N- Gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,55 dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,31. Uji hipotesis diperoleh data thitung = 3,57 sedangkan ttabel = 2,00, perbandingan tersebut menunjukkan ( thitung = 3,57 > ttabel = 2,00) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar. Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar tematik, jigsaw. The problem in this research is the low level of student learning result. The purpose of this research was to analyze and to find out the influence of the implementation of cooperative learning model jigsaw type to the thematic learning result of fifth grade students at SD Negeri 4 Metro Timur. The type of this research was experimental research with quantitative approach. The research method used was quasi experimental design. The research design used was non- equivalent control group design. The results showed that increase in the N-Gain experimental class is 0.55 higher than in the control class which is 0.31. Hypothesis test obtained by t count data was 3.57 while t table equal to 2.00, the comparison showed (3.57 > 2.00) there was positive and significant influence on applying cooperative learning jigsaw type result of learning. Keywords: cooperative learning, jigsaw, thematic learning result.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:28
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59364

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir