PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 PINANG JAYA

KENNY RAMA DHANY, 1513053093 (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 PINANG JAYA. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1969Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1521Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah mayoritas peserta didik masih kesulitan dalam memahami konsep IPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep IPA. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 30 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat pre experimental dengan desain one group pretest posttets design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep IPA. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA setelah digunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan sebelum digunakan model Discovery Learning. ini berarti bahwa penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran IPA dapat membantu peserta didik dalam mempermudah memahami konsep IPA. Kata kunci : discovery learning, pemahaman konsep IPA. The problem in this study is that the majority of students still have difficulty in understanding the concept of science. The purpose of this study was to determine the effect of the Discovery Learning on understanding the science concept. The subjects in this study were 30 students at class fourth grade. This type of in research is pre-experimental with the design of one group pretest posttets design. Data collection used test and observation instruments, while data analysis is was done using simple linear regression and t test. The results of the study show that there is the influence of the use of the Discovery Learning on the understanding of the science concept. This was done that there is a difference in understanding the science concepts before and after using the Discovery Learning which shows that understanding the science concept after using the Discovery Learning is better in science subjects and can help students understand the concept of science. Keywords: discovery learning, understanding of the concept of science.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 13 Apr 2022 01:34
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 01:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59416

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir