PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 SUMBERAGUNG

SITI SOLEHA, 1513053031 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 SUMBERAGUNG. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2821Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2392Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sumberagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model visualization auditory kinesthetic terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sumberagung yang berjumlah 40 peserta didik, dan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test separatd varians yang diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model visualization auditory kinesthetic. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan peningkatan pengetahuan rata-rata N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,71 dan kelas kontrol 0,67 dengan selisih rata-rata N-Gain sebesar 0,04. Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran visualization auditory kinesthtetic dengan katagori “Sangat Tinggi. Kata kunci: hasil belajar, visualization auditory kinesthetic. The problem of this study was the low of fifth grade of SD Negeri 1 Sumberagung learning outcomes. The purpose of this study were to analyze and determine the effect of using the Visualization Auditory Kinesthetic model to learning outcomes. This study used a type of experiment with a non-equivalent control group research design. The population of this research is all of fifth graduate of SD Negeri 1 Sumberagung amounted to 40 students, and sample used saturated sample. The instrument used test question. The data analysis technic used t-test separated variance statistical test which begins with the test for normality and homogenity. There were the effect of visualization auditory kinesthetic learning model to learning outcomes students in fifth grade of SD Negeri 1 Sumberagung. N-Gain count showed that experiment class was 0,71 and control class was 0,67, the difference of N-Gain was 0,04. There were the effect of visualization auditory kinesthetic with “Very High” categories. Keywords: learning outcomes, visualization auditory kinesthetic.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:15
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 02:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59567

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir