PENGARUH P ENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 FAJAR ASRI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

DWI NOVITA SARI, 1513053174 (2019) PENGARUH P ENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 FAJAR ASRI KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1164Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1165Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar berdasarkanjumlah peserta didik yang belum tuntas masih belum sesuai target dimana hal tersebut berkaitan dengan kekurang aktifan dan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Fajar Asri. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian quasi eksperimen designdengan desain nonequivalent control group design. Tehnik pengumpulan data dengan tehnik non tes (wawancara, observasi, dokumentasi) dan tehnik tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest pada kelas eksperimen yaitu semula 65,52 menjadi 80,74 lebih tinggi dari kelas kontrol yang semula 63,04 menjadi 75,43. Persentase ketuntasan kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 33,33% menjadi 96,30%, sedangkan pada kelas kontrol dari 30,43% menjadi 78,26%.Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sampel t-test diperoleh data bahwa thit > ttab atau 2,14 > 2,01 yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model cooperative learning tipe group investigation terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Fajar Asri. Kata Kunci: hasil belajar, model cooperative learning. The problem in this study is that the low learning outcomes based on the number of students who have not yet finished are still not on target where it relates to the lack of active and creative thinking of students in learning. The purpose of this study was to determine the effect of the use of cooperative learning model group investigation on the learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 1 Fajar Asri. This type of research is an experiment with a quantitative approach. The quasi-experimental research design method is nonequivalent control group design. Techniques for collecting data with non-test techniques (interviews, observation, documentation) and test techniques. The results showed an increase in the average value from pretest to posttest in the experimental class, which was originally 65.52 to 80.74 higher than the control class which was originally 63.04 to 75.43. The percentage of completeness of the experimental class has increased from 33.33% to 96.30%, while in the control class from 30.43% to 78.26%. The results of hypothesis testing using the independent formula t-test sample obtained data that thit> ttab or 2.14> 2.01 which means there is a positive and significant effect of the application of the model of cooperative learning type group investigation of learning results of fifth grade students at SD Negeri 1 Fajar Asri. Keywords: learning result, model cooperative learning stigation

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:25
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 02:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59591

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir