PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 FAJAR MATARAM

NONI NURMALA, 1513053079 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 FAJAR MATARAM. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3419Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2581Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Fajar Mataram. Tujuan penelitian adalah untuk menganaisis dan mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Fajar Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik independet sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79,50 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 70,09. Perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test di peroleh data thitung > ttabel atau 2,696 > 2,021, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Fajar Mataram. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran, problem posing This research is motivated by the problem of low thematic learning outcomes of student in grade IV of SD Negeri 2 Fajar Mataram. The purpose of the study was to determine the positive and significant effect on the application of problem posing model to resultof outcomes learning at SD Negeri 2 Fajar Mataram. This type of researchis experimental research. The research method used is quasi experimental. The research design used was non-equivalent control grup design. The technique of collecting the data is done by technique of non test and technique test. The result showed that the average posttest of the experimental class was 79,50 higher than the control posttest was 70,09. The calculation of hypothesis testing using the independent sample t-test was obtained thitung > ttabel or 2,696 >2,021, meaning that there is a positive and significant effect on application problem posing learing model on student learning class IV SD Negeri 2 Fajar Mataram. Keywords: learning outcomes, learning model, problem posing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:30
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 02:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59601

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir