PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG

Nurul Komariah, 1313054037 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCAKAP-CAKAP TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ISMARIA AL-QUR’ANIYYAH BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1671Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1672Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

The problem in this study is that there are still many children aged 5-6 years in RA Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung whose speaking skills are not as expected. The study was conducted to examine the effect of the use of conversational methods on early childhood speaking skills and to see differences in children's speaking skills before and after the use of conversation methods. The research design used was Pre-experimental with type One Pretest-Posttest Group with a sample of 30 children. Sampling was done by purposive sampling technique. Data collection techniques in this study using observation and documentation. Data analysis techniques regarding the effect of using the method of conversing on children's speaking skills using Simple Linear Regression, and t�test. The results showed that there was a significant influence on the use of conversational methods on the speaking skills of children aged 5-6 years in RA Ismaria Al-Qur'aniyyah Bandar Lampung. It was proved that there were differences in children's speaking skills between before and after the use of conversation methods. Keywords: early childhood, method of conversation, speaking skills Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak anak usia 5-6 tahun di RA Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung yang keterampilan berbicaranya belum sesuai yang di harapkan. Penelitian dilakukan untuk mengkaji pengaruh penggunaan metode bercakap–cakap terhadap keterampilan berbicara anak usia dini serta melihat perbedaan keterampilan berbicara anak sebelum dan sesudah penggunaan metode bercakap-cakap. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental dengan tipe One Grup Pretest-Posttest dengan sampel penelitian 30 anak, Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengenai pengaruh penggunaan metode bercakap-cakap terhadap keterampilan berbicara anak menggunakan Regresi Linier Sederhana, dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode bercakap–cakap terhadap keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung hal ini dibuktikan bahwa ada perbedaan keterampilan berbicara anak antara sebelum dan sesudah penggunaan metode bercakap-cakap. Kata kunci: anak usia dini, metode bercakap-cakap, keterampilan berbicara.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:48
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 04:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59636

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir