PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS IV SD NEGERI 4 PAGELARAN

Prima Sari Handayani, 1443053044 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TERPADU KELAS IV SD NEGERI 4 PAGELARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1173Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1174Kb) | Preview

Abstrak

The problem of this research is the still low learning outcomes of students in integrated learning. This study aims to determine the effect of the application of coopertative models of type non example on student learning outcomes. The method used in this study was the quasi experiment method using one group pretest posttest design. The population in this study were all fourth grade students of SD Negeri 4 Pagelaran which amounted to 69 students with a sample of research using random sampling technique. so the sample becomes 35 students. The instrument used is a test. Data analysis using Paired T Test. The results of data analysis are t count> t table (6.8438> 2, 0345), it can be concluded that there is an influence of the application of coopertative models of type non example on student learning outcomes in integrated learning in class IV SD Negeri 4 Pagelaran Keywords : example non example, learning outcomes, integrated learning. Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe example non example terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan menggunakan one grup pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Pagelaran yang berjumlah 69 siswa dengan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, sehingga sampel menjadi 35 siswa. Instumen yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan uji Paired T Test. Hasil analisis data nilai t hitung > t tabel (6,8438 > 2, 0345), dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model koopertatif tipe example non example terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran terpadu di kelas IV SD Negeri 4 Pagelaran. Kata Kunci : example non example, hasil belajar, pembelajaran terpadu.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:54
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 04:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59645

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir