EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA METERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Elannia Rahma Ningrum, 1613023028 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA METERI KESETIMBANGAN KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Elannia Rahma N.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Elannia Rahma N.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4013Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Elannia Rahma N.pdf

Download (2401Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided discovery pada materi kesetimbangan kimia dalam meningkatkan keteram- pilan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan the matching-only pretes-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Purbolinggo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan n-gain keterampilan pemecahan masalah kelas eks- perimen sebesar 0,75 berkriteria tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,49 berkriteria sedang. Terdapat perbedaan n-gain keterampilan pemecahan masalah yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rata-rata serta didukung dengan aktivitas siswa dan keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery oleh guru maka dapat disimpulkan bahwa model guided discovery efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi kesetimbangan kimia. Kata kunci : pembelajaran guded discovery, keterampilan pemecahan masalah, kesetimbangan kimia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Digilib2
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:00
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 04:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59658

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir