PENGARUH APLIKASI SENSOR SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN TUMBUKAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Vina Aprilia Ashra, 1653022001 (2020) PENGARUH APLIKASI SENSOR SMARTPHONE PADA PEMBELAJARAN TUMBUKAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - vina aprilia ashra.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN - vina aprilia ashra.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2023Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_4 - vina aprilia ashra.pdf

Download (1507Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Aplikasi phyphox dalam pembelajaran tumbukan dapat melakukan pelacakan gerak jatuh benda pada suatu waktu yang lebih presisi dan akurat, membantu siswa berlatih mengumpulkan dan menganalisis data hingga menemukan persamaan koefisien restitusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi sensor smartphone phyphox berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan peningkatannya. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas X IPA 3 SMA N 1 Kotabumi. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Treatment yang diberikan berupa pembelajaran tumbukan lenting sebagian berbantuan aplikasi phyphox berbasis inkuiri terbimbing dapat diolah menggunakan microsoft excel. Data kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh menggunakan tes (pretest- posttest). Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai N-gain sebesar 0,52 dengan kenaikan sebesar 35%. dengan kategori sedang dan hasil analisis paired simple T-test menunjukan nilai sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 dengan taraf kepercayaan 95%, maka diperoleh simpulan bahwa pembelajaran tumbukan lenting sebagian menggunakan sensor smartphone phyphox berbasis inkuiri terbimbing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: aplikasi phyphox, inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kreatif, sensor smartphone.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Digilib2
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:02
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59659

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir